Biaya Hipnoterapi: Mahalkah ?

Banyak pertanyaan tentang berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk penanganan masalah dengan hipnoterapi.  Banyak yang masih takut-takut untuk datang ke hipnoterapis karena khawatir dengan biaya yang harus dikeluarkan. Memang. masalah biaya pasti menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting bagi seseorang untuk mendapatkan atau melakukan sesuatu.

biaya

Kita tidak menutup mata bahwa banyak orang yang beranggapan bahwa biaya hipnoterapi itu “mahal”.  Meskipun secara nominal memang tidak ada patokan yang pasti berapa biaya hipnoterapi untuk satu kali sessi, karena setiap hipnoterapist atau lembaga memiliki standar biaya masing-masing.

Di beberapa tempat di Jakarta, misalnya, biaya hipnoterapi untuk satu kali sessi bisa mencapai jutaan bahkan di atas sepuluh juta rupiah. Suatu nilai yang masih dipandang tinggi. Sementara di tempat lain biayanya bisa jauh lebih rendah dari itu, di bawah satu juta per sessinya.

Di Bekasi, rata-rata biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti satu kali sessi hipnoterapi berkisar antara 500 ribu hingga 1 juta rupiah. Memang sedikit di bawah biaya rata-rata di Jakarta.  Ya…setiap daerah punya standar masing-masing juga tentunya.

Benarkah biaya satu sessi hipnoterapi itu mahal ?

Sebenarnya tidak ada acuan yang pasti untuk menilai sesuatu itu mahal atau murah. Semua bergantung pada sudut pandang si pengguna. Nilai sepuluh juta bisa dipandang sangat mahal oleh seseorang, tetapi bisa dianggap sebagai nilai yang wajar oleh orang yang lain.

Contoh, jika ada sebuah smartphone buatan cina seharga 3 juta rupiah mungkin anda akan menganggapnya mahal, karena anda membandingkannya dengan smartphone bermerk terkenal dengan spesifikasi yang sama.  Padahal smartphone bermerk terkenal tersebut harganya di atas 4 juta rupiah.  Bukankah secara nominal harga 4 juta rupiah itu lebih tinggi dari 3 juta rupiah?

Atau pernahkah anda mendengar ada orang yang mau membayar puluhan bahkan ratusan juta rupiah untuk sebuah batu akik?  Anda menganggap itu mahal?  Mengapa orang mau membayar untuk itu?

Contoh lain adalah, mungkin anda pernah mendengar juga, orang yang rela mengeluarkan uang puluhan bahkan ratusan juta untuk “berobat” ke paranormal atau orang pintar?

Oke….kita kembali ke hipnoterapi, dan kita bicara nominal saja.  Mengapa biaya hipnoterapi ditetapkan pada kisaran nominal seperti itu ?

Agar anda memiliki dasar untuk penilaian terhadap penanganan dengan hipnoterapi, saya akan menjabarkan kepada anda apa yang dilakukan dalam sessi hipnoterapi, kemudian anda dapat menilai sendiri berapa harga yang layak anda bayarkan untuk proses tersebut.

Nah itu sekelumit tentang apa yang dilakukan dalam satu sessi hipnoterapi.  Dari situ anda tentu bisa menilai seberapa layak anda memberikan penghargaan kepada apa yang dilakukan oleh seorang hipnoterapis.

Kemudian yang juga sangat penting bagi anda dalam menilai adalah seberapa kuatnya keinginan anda untuk bisa terbebas dari persoalan-persoalan yang anda hadapi serta seberapa pentingnya itu bagi anda. Bagi mereka yang tidak memiliki keinginan yang kuat untuk terbebas dari masalahnya, atau menganggap bahwa terbebas dari masalah itu tidaklah begitu penting, tentu akan menganggap sebuah nilai nominal lebih berarti.

Kembali ke soal nominal biaya per sessi hipnoterapi, ambil contoh di tempat kami, ada kebijakan kami bahwa kami membagi proses hipnoterapi menjadi dua bagian, yaitu konsultasi dan sessi terapi. Pada saat konsultasi anda akan berdiskusi dengan sang terapis mengenai apa yang tengah anda hadapi dan apa keinginan anda. Pada bagian ini juga mungkin akan dilakukan training hipnosis pada anda agar anda lebih mudah mengikuti sessi hipnoterapi berikutnya.  Hasil daripada konsultasi inilah yang menentukan apakah kasus anda bisa ditangani atau tidak, dan kalau bisa ditangani berapa sessi yang anda butuhkan.

Rincian biaya yang harus anda keluarkan adalah sebagai berikut :

  • Biaya konsultasi : Rp. 200.000,-
  • Biaya terapi per sessi : Rp. 700.000,-

Misalkan anda datang berkonsultasi, maka anda dikenakan biaya Rp. 200.000,-  Lalu dari hasil konsultasi tersebut anda harus menjalani 3 kali sessi terapi, maka biaya yang harus anda keluarkan menjadi :

Rp. 200.000,- + (3 x Rp. 700.000 = Rp. 2.100.000) = Rp. 2.300.000,-

Tetapi anda bisa mengambil paket tersebut untuk tiga kali sessi sekaligus dengan biaya terapi plus konsultasi sebesar Rp. 2.000.000,-

Itu kalau dilakukan di tempat kami.  Tetapi jika anda memilih untuk melakukannya di tempat yang lebih nyaman bagi anda, tentunya akan ada penyesuaian-penyesuaian.

Lantas, berapa sessi yang harus saya ikuti?

Semua tergantung dari permasalahan yang anda hadapi dan sesuai dengan kebutuhan penanganan anda.  Setiap orang, sekalipun dengan permasalahan yang sama, mungkin membutuhkan jumlah sessi terapi yang berbeda.  Jadi memang tidak ada patokan yang pasti berapa sessi yang dibutuhkan.

Biasanya kami menyarankan klien untuk mengikuti 3x sessi terapi untuk kasus-kasus klien yang menurut kami bisa diselesaikan dengan lebih cepat.  Tetapi ada juga kasus-kasus tertentu yang membutuhkan sessi terapi yang lebih banyak.  Atau kadang, misalnya dengan masalah phobia, bisa tertangani dengan satu kali sessi terapi saja.  Tetapi kami selalu menyarankan agar anda mengambil setidaknya sessi tambahan untuk memperkuat hasil yang telah dicapai agar lebih permanen.

Jadi,….bagaimana menurut anda tentang biaya hipnoterapi. Mahalkah ?

==================================================================

Bagi anda yang ingin :

  1. Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penyakit hati / pikiran,
  2. Menyembuhkan penyakit psikosomatik,phobia,
  3. Melepaskan diri dari kecanduan atau ketergantungan
  4. Menanamkan keyakinan diri dan motivasi,
  5. Membangkitkan emangat hidup,
  6. Menghapus rasa sakit akan kenangan masa lalu (move on), dan lain-lain
  7. Mempelajari keilmuan hipnotis dan hipnoterapi
  8. Memperdalam keilmuan hipnotis dan hipnoterapi

Anda dapat menghubungi kami melalui :

  • Call / SMS : 0813-8541-6469
  • Whatsapp : 0822-9957-4948
  • Blackberry Messenger (BBM) : D20DA9AC
  • E-mail : mohtoha70@yahoo.com