DUNIA HIPNOTIS ITU DUNIA MISTIK ?

Dunia Hipnotis Itu Dunia Mistik ?

Melihat penampilan para hipnotist (penghipnotis)– baik yang pernah sering ditayangkan di televisi ataupun pada sessi demonstrasi (stage) hipnotis–memang menimbulkan kesan dan tandatanya tersendiri. Bagaimana tidak, dengan sekali sentakan, dengan sekali ayunan tangan, bahkan ada yang dengan hanya tatapan mata saja seseorang bisa dibuat “kehilangan kesadaran” dan bisa diperintah begini-begitu.

Bagaimana hal itu bisa dilakukan? Benarkah ada unsur mistik di sana?

Jika mengacu pada teori hipnotis yang disampaikan pada setiap training hipnotis (formal, western) selalu disampaikan bahwa hipnotis sama sekali tidak menggunakan kekuatan-kekuatan mistik/klenik, energi metafisik, mantera, atau hal-hal lain yang terkait dengan ilmu ghaib, apalagi ilmu hitam. Di setiap tempat training hipnotis– termasuk di Bekasi–diungkapkanlah teori-teori hipnotis: tentang pikiran manusia, bagaimana proses hipnotis dilakukan, dan sebagainya yang sama sekali tidak ada mengupas tentang peran kekuatan mistik di dalamnya.

Benarkah demikian ? Percayakah anda bahwa hipnotis sama sekali tidak menggunakan kekuatan-kekuatan mistik ataupun energi metafisik?

Banyak orang yang tetap sulit menerima pernyataan bahwa hipnotis sama sekali tidak ada unsur mistik ataupun energi metafisik. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang telah mempelajari hipnotis pun tetap masih menyimpan pertanyaan dalam dirinya, “adakah metode lain dari hipnotis yang menggunakan kekuatan mistik dan energi metafisik?” Mengapa begitu ?

Sejarah Hipnotis Penuh Dengan Mistik dan Energi Metafisik

Hipnotis bukanlah sesuatu yang baru, melainkan telah dikenal dan digunakan oleh berbagai bangsa di dunia sejak ribuan tahun yang lalu. Memang benar bahwa istilah dan penjabaran tentang hipnotis baru dikenal di sekitar abad ke-18, tetapi penerapan prinsip hipnotis telah dilakukan ribuan tahun sebelumnya dengan pemahaman dan teknik-teknik yang berbeda. Dan tahukah anda apa yang digunakan pada masa itu untuk memunculkan fenomena-fenomena yang sama seperti pada hipnotis sekarang ?

Ya…ritual-ritual, mantera-mantera mistik untuk membangkitkan kekuatan metafisik yang digunakan untuk penyembuhan atau menggunakan kekuatan metafisik tersebut untuk diri sendiri ataupun kepada orang lain.

bakarmenyan

Di Indonesia sendiri, hampir di setiap daerah kita mengenal berbagai nama atau sebutan untuk ritual, mantera atau praktek klenik yang menghasilkan fenomena-fenomena yang mirip dengan hipnotis. Kita mengenal praktek gendam, sirep, atau nama-nama lain yang merujuk pada praktek sejenis jauh sebelum istilah hipnotis dikenal. Bahkan sebagian orang hingga kini menganggap bahwa hipnotis adalah istilah lain untuk ilmu gendam atau ilmu sirep (ini akan dikupas dalam pembahasan yang berbeda).

Kita juga memiliki tradisi-tradisi tertentu yang menampilkan fenomena mistik dimana seseorang seperti berada dibawah kendali luar dirinya dan melakukan hal-hal di luar kewajaran sehari-hari (kesurupan, kuda lumping, bambu gila, dsb). Demikian juga dalam bidang pengobatan non medis, kita telah sangat akrab dengan istilah-istilah “syarat”, orang pintar, santet, guna-guna, ruwat, buang sial, dan sebagainya.

Fenomena-fenomena dan efek yang dapat dimunculkan oleh berbagai ritual, mantera dan praktek klenik seperti tersebut dapat juga dimunculkan dengan hipnotis. Maka wajar jika kemudian orang beranggapan bahwa hipnotispun menggunakan unsur mistik, sama halnya dengan apa yang selama ini dipahami sebagai gendam, sirep, guna-guna, atau yang semisal dengan itu.

Kuatnya Belief Mistik

Kepercayaan terhadap hal-hal yang berbau mistik telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat kita sejak ribuan tahun yang lalu. Itu akan terus ada dan berkembang bahkan sekalipun masyarakat kini telah hidup dalam dunia modern dan memiliki penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tinggi. Kepercayaan terhadap hal-hal mistik akan tetap ada selama masih adanya kepercayaan kepada makhluk ghaib dan kekuatan supranatural atau metafisik.

Kita memang tidak bisa mengabaikan kenyataan ini. Dan sebenarnya segala hal yang terkait dengan itu memiliki manfaat tersendiri. Namun sayang, itulah yang kemudian banyak dimanfaatkan oleh sebagian dari mereka yang ingin menampilkan diri sebagai tokoh yang dipandang “sakti” atau “manjur”.

Mereka memanfaatkan kuatnya belief mistik di masyarakat dan menampilkan diri sebagai tokoh berilmu tinggi, memiliki kekuatan metafisik atau supranatural, mampu berkomunikasi dengan alam ghaib, serta kemampuan-kemampuan mistik lainnya. Padahal sebenarnya mereka tidak memilikinya sama sekali.

Dan kita juga tidak menutup mata banyak juga praktisi hipnotis yang melakukan praktek-praktek berbau mistik/klenik. Sebaliknya, banyak juga praktisi mistik/klenik yang belajar dan mempraktekkan hipnotis dengan cara mereka.

Itulah yang menjadikan pandangan di masyarakat tetap kuat bahwa dunia hipnotis adalah dunia mistik.

Lalu yang sebenarnya itu seperti apa?

Saya menyampaikan pada anda bahwa dunia hipnotis bukanlah dunia mistik atau klenik. Dan saya akan tetap menyampaikan itu sekalipun anda mungkin tetap tidak percaya. Ataukah sekarang anda percaya?