Reparasi

Penanganan atau pengobatan masalah seksual dilakukan dengan memperhatikan faktor penyebabnya, apakah masalah seksual disebabkan oleh masalah fisik atau masalah psikis atau gabungan dari keduanya. Karena itu, penanganan dengan hipnoterapi dilakukan dengan terlebih dahulu mengenali gejala dan pemeriksaan medis. Dan hipnoterapi dapat dipilih sebagai alternatif penanganan masalah, baik penanganan tunggal ataupun sebagai terapi penyerta dalam penanganan medis.

Hipnoterapi Dalam Penanganan Masalah Seksual

Pada pembahasan tentang penyebab masalah seksual pada pria dan wanita telah disinggung bahwa masalah seksual dapat terjadi karena faktor fisik dan psikis.  Itu merupakan penyebab dari masalah-masalah seksual, baik salah satu ataupun kedua faktor tersebut yang berperan.

Berdasarkan penyebabnya–diluar faktor adanya ketidakseimbangan hormonal, genetika dan penyakit serta penggunaan obat-obatan tertentu–secara umum masalah seksual dapat disebabkan oleh faktor psikologis berupa :

    • Ketakutan atau kecemasan
    • Trauma psikis
    • Stress
    • Perasaan terkait hubungan atau pasangan
    • Nilai-nilai atau persepsi tertentu terhadap seks

Dengan memperhatikan penyebab-penyebab masalah seksual tersebut, maka penanganan dengan hipnoterapi adalah menyelesaikan apa-apa yang menjadi penyebabnya.

Bila masalah seksual terjadi karena adanya ketakutan atau kecemasan, misalnya terhadap ketidakmampuan dalam memuaskan pasangan (yang berarti masalah kepercayaan diri), maka penyelesaiannya adalah dengan menghilangkan ketakutan atau kecemasan tersebut.  Hipnoterapi akan menggali ke dalam pikiran bawah sadar apakah sumber utama yang menjadikannya memiliki kecemasan atau ketakutan itu, dari mana dia bermula dan apa yang menjadi pemicunya.  Dari sinilah kemudian, dengan teknik-teknik terapeutik tertentu dilakukan pembenahan terhadap sumber masalahnya.

Bila penyebabnya adalah karena adanya trauma psikis, misalnya atas kekerasan dan pelecehan seksual yang pernah dialami, maka trauma itulah yang akan dihilangkan.  Demikian juga dengan penyebab lainnya.

Intinya adalah, melalui hipnoterapi, kita akan melakukan penyelesaian masalah-masalah yang terkait dengan penyebab daripada masalah seksual yang ditimbulkannya.  Mungkin saja bahwa dalam proses hipnoterapi akan ditemukan bahwa masalahnya ternyata tidak hanya satu, tetapi bisa merupakan komplikasi dari beberapa persoalan.  Misalnya ketakutan dan kecemasan yang ada merupakan efek dari pengalaman masa lalu yang menimbulkan trauma.

Tetapi itu bukan berarti bahwa hipnoterapi hanya dikhususkan bagi masalah seksual yang ditimbulkan oleh persoalan-persoalan psikologis semata.  Sekalipun masalah itu disebabkan oleh faktor-faktor fisik, tetapi psikologisnya tetap harus ditangani.  Sebab bisa jadi apa yang dialami merupakan gabungan dari masalah fisik dan psikis, dimana masalah psikis ini seringkali tidak disadari oleh orang yang mengalaminya.

Langkah terbaik bagi anda, jika mengalami masalah seksual, adalah memeriksakan diri ke dokter mengenai kemungkinan adanya penyakit-penyakit tertentu dan hipnoterapis untuk membantu anda.  Jika itu menyangkut faktor psikologis, maka yakinlah bahwa anda membutuhkan bantuan dari mereka yang memang memahami bagaimana cara menyelesaikannya.