Hipnotis Untuk Membuka Rahasia

buka kunci

Dari sekian banyak yang menghubungi dan datang adalah mereka yang meminta kami untuk membongkar rahasia dari orang lain dengan menggunakan hipnotis.

Berbagai alasan diungkapkan mengapa mereka ingin agar rahasia dari seseorang itu dibongkar, yang paling umum diantaranya adalah :

  • Masa lalu dari pasangannya.
  • Kejujuran dari apa yang telah diceritakan.
  • Perselingkuhan.
  • Alasan penghianatan atau pencurian.

 

Pertanyaan pertama adalah, benarkah hipnotis dapat digunakan untuk membongkar rahasia atau mengetahui kejujuran seseorang ?

Hipnotis untuk membongkar rahasia sebenarnya pernah saya lakukan dalam rangka menguji apakah hipnotis bisa dilakukan untuk itu.  Apa yang saya lakukan adalah membuat subjek menceritakan hal-hal yang bersifat sangat pribadi yang hampir mustahil itu diceritakan dalam kondisi kesadaran penuh.  Dengan berbagai strategi yang tersusun matang dan memperhatikan subjek yang menjadi bahan uji, hal itu ternyata dapat dilakukan.

Pertanyaan kedua, apakah itu bisa dilakukan kepada setiap subjek dalam kondisi hipnosis ?

Mungkin ya, mungkin juga tidak.  Kenyataannya, dari beberapa yang saya lakukan, hal itu bisa dilakukan.  Tetapi apakah itu akan berlaku kepada setiap subjek, mungkin ya mungkin juga tidak.

Kita tahu bahwa seseorang yang sedang dalam kondisi hipnosis bukan berarti bahwa dia akan menceritakan apapun yang diminta.  Itu semua tergantung dari apa yang ada dalam diri si subjek itu sendiri.  Seseorang yang tengah berada dalam kondisi hipnosis bukan berarti dia kehilangan 100% kontrol atas dirinya dan mengikuti apapun sugesti yang diberikan.  Karena berdasar pengalaman, pernah terjadi ada beberapa sugesti yang tidak diikuti oleh subjek sementara sugesti-sugesti yang lainnya semua dilakukan. Implikasinya adalah bahwa kemungkinan subjek tidak mau atau tidak menjawab pertanyaan yang diberikan kepadanya bisa terjadi.  Artinya tetap ada kemungkinan bahwa kita tidak bisa membongkar seluruh rahasia dari subjek sekalipun dia tengah berada dalam kondisi hipnosis.

Jadi kalau pertanyaannya adalah apakah hipnotis bisa digunakan untuk mengorek rahasia seseorang, jawaban saya adalah Bisa!  Tetapi kalau pertanyaannya adalah apakah itu berlaku pada setiap subjek hipnotis, jawaban saya adalah belum tentu.

Pertanyaan berikutnya, apakah saya bersedia diminta untuk melakukan proses hipnotis untuk membongkar rahasia atau menguji kebohongan seseorang ?

tidak

Jawaban saya adalah: Tidak !  Apapun alasannya.

Jujur saya memang pernah melakukan itu atas permintaan, tetapi sekali lagi itu semua dalam rangka menguatkan pengujian yang saya lakukan.  Dan sekarang saya tegaskan bahwa saya tidak menerima permintaan seperti itu.  Mengapa?

Pertama, karena ada kecenderungan dari si peminta untuk mengarahkan kepada apa yang diinginkannya.  Jika dia memiliki kecurigaan atas suatu perselingkuhan, maka dia cenderung ingin mendengar bahwa kecurigaannya itu terbukti.  Jika ternyata hasilnya tidak sesuai dengan apa yang dituduhkannya, tidak ada jaminan bahwa dia akan mempercayainya.  Dia akan menganggap saya gagal dan merasa tidak puas.  Dan sulit untuk menjelaskan padanya tentang apa-apa yang telah saya lakukan dan apa yang terjadi kepad si subjek.

Kedua, saya menghargai privasi dan masa lalu semua orang.  Jika memang seseorang itu ingin menyimpan satu cerita atau apa yang dilakukannya di masa lalu, tentu itu adalah haknya.  Jika seseorang memang memiliki rahasia tertentu, itu juga menjadi haknya untuk menyimpan.

Ketiga, keadaan dan apa yang ada dalam diri seseorang tidaklah sama antara satu dengan lainnya.  Kita tidak pernah tahu itu.  Dan saya tidak bisa memberikan jaminan.  Lantas bagaimana saya menjelaskannya?

Oleh karena itu, mulai saat ini dan seterusnya, saya tegaskan bahwa saya Menolak permintaan untuk melakukan hipnotis kepada orang lain untuk tujuan membongkar rahasia atau kebohongannya.  Jika anda meminta saya, maka saya akan menolaknya.

Daripada anda meminta saya untuk menghipnotis seseorang dengan tujuan membongkar rahasianya atau mengetahui kebohongannya, mengapa itu tidak anda lakukan saja sendiri ?

Kalau anda bersikeras  menggunakan hipnotis untuk mengetahui rahasia atau kebohongan seseorang, mengapa anda tidak melakukannya saja sendiri ?

Tidak bisa hipnotis?

Mengapa anda tidak belajar hipnotis saja?