lampu

Bisakah Hipnotis Membuat Saya Menjadi Lebih Pintar ?

Maaf Pak, mau tanya, bisakah saya dihipnotis agar saya menjadi pintar ?

Satu pertanyaan singkat yang diajukan pada saya.

Saya sebenarnya hanya cukup menjawab, “bisa” atau “tidak” atas pertanyaan seperti itu.  Tetapi tidaklah sesederhana itu.  Ada beberapa hal terkait yang perlu diuraikan dulu.

Pertama, adalah saya mesti tahu dulu makna di balik kata pintar  itu, pintar seperti apa yang dimaksudkan.  Apa yang dimaksudkan dengan pertanyaan bisakah saya dihipnotis agar menjadi pintar itu.  Saya mesti tahu dulu apa yang terjadi sehingga muncul kalimat agar saya menjadi pintar, yang mengandung makna bahwa si penanya (selanjutnya saya sebut dengan “X”) merasa dirinya tidak pintar.  Jadi, saya mesti menguraikan dulu sesuatu di balik pertanyaan yang X ajukan agar saya bisa menafsirkannya dengan benar.

Kedua, apa yang dipahami X  tentang hipnotis sehingga dia berpikiran untuk menggunakan cara hipnotis agar dirinya menjadi lebih pintar dari saat ini?

Dari dialog yang terjadi, saya mencatat beberapa hal  :

  • X adalah seorang mahasiswa
  • X merasa bahwa, dibanding waktu-waktu sebelumnya, prestasi akademiknya semakin menurun.
  • X merasa lebih sulit untuk bisa menerima materi pelajaran dibanding sebelum-sebelumnya.
  • X sering mengalami ketidakmampuan  menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.
  • X sering kehilangan kemampuan dan kepercayaan diri saat harus melakukan presentasi.

Hal-hal itulah yang kemudian membuat X merasa dirinya tidak cukup pintar untuk bisa terus mengikuti perkuliahan, merasa bahwa kemampuannya mungkin berada pada level yang lebih rendah atau mentok sampai disitu.

Benarkah begitu?

Jika andapun mengalami seperti yang X alami, jangan buru-buru menyimpulkan bahwa anda tidak cukup pintar atau sudah mentok dan sulit untuk di-upgrade lagi.  Bisa jadi anda sebenarnya “lebih pintar” dari saat ini, hanya saja ada beberapa hal yang perlu dibenahi sehingga anda lebih mampu mengoptimalkan kapasitas diri anda.

Sebelum kita membahas bagaimana hipnotis bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan diri anda dalam menyerap pelajaran, ada baiknya kita gali sedikit hal-hal apa saja yang mempengaruhi kemampuan itu.

Mengacu pada prestasi akademik (nilai akademis, nilai raport, hasil ujian) sebagai ukuran kemampuan penyerapan materi pelajaran, memang bisa dikatakan bahwa X tidak menyerap dengan baik.  Tetapi itu tidak bisa dijadikan ukuran bahwa X tidaklah cukup pintar atau kemampuannya sudah mentok sampai di situ.  Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi keberhasilan atau pencapaian prestasi akademik seseorang dalam menempuh pendidikan (belajar).  Faktor-faktor itu bisa berasal dari diri sendiri (internal) atau dari luar diri (eksternal) yang masing-masing dan secara bersama-sama mempengaruhinya.

Faktor-faktor internal itu meliputi kondisi fisik dan psikologis, sedangkan faktor-faktor eksternal meliputi lingkungan sosial dan non sosial.

Faktor-faktor fisik diantaranya adalah :

  • Kesehatan.  Kondisi kesehatan tentu sangat mempengaruhi semangat dan kemampuan dalam belajar dan menyerap hasil pelajaran.
  • Masalah-masalah terkait panca indera.  Gangguan-gangguan atau masalah-masalah terkait panca indera, misalnya penglihatan atau pendengaran yang kurang baik, pasti mempengaruhi kemampuan dalam belajar.
  • Kebugaran atau kelelahan.   Jika kita belajar dalam kondisi yang kurang bugar, misalnya karena disamping sebagai mahasiswa juga sebagai seorang pekerja sehingga sering belajar dalam kondisi yang sudah lelah,  Kurang tidur.  Banyak aktivitas di luar sekolah / perkuliahan yang menguras energi, dan sebagainya, yang membuat kegiatan belajar dilakukan dalam kondisi yang kurang bugar.  Itu semua akan mengurangi kemampuan anda.

Faktor-faktor psikologis diantaranya adalah :

  • Minat.  Jika kita sangat berminat terhadap sesuatu, tentu kita sangat serius dalam mempelajarinya.  Ini akan sangat mempengaruhi fokus kita pada apa yang kita pelajari.?
  • Motivasi.  Apa motivasi kita dalam belajar juga sangat menentukan.  Apakah kita sekolah, kuliah, atau belajar itu hanya sekedar memenuhi kewajiban (atas desakan orangtua, misalnya), sekedar mencari status, ataukah memang kita punya motivasi yang kuat untuk bisa meningkatkan kemampuan diri?
  • Fokus.  Tentu saja fokus sangat menentukan.  Bagaimana kita akan memperoleh hasil yang baik jika kita tidak fokus pada apa yang kita jalani ?
  • Stress dapat menurunkan konsentrasi, daya ingat, dan membuat orang menjadi malas.
  • Masalah psikologis, misalnya kelelahan mental atau psikologis, atau persoalan lainnya.  Apakah anda tengah menghadapi kegelisahan, keresahan, kegalauan, krisis kepercayaan diri, dsb?  Kelelahan mental atau psikologis membuat anda tidak bisa fokus, malas, dan kehilangan gairah.  Tentunya ini sangat berpengaruh terhadap pencapaian anda dalam belajar.

Hal yang juga tidak kalah pentingnya adalah faktor strategi dan metode belajar yang kita gunakan.  Bagaimana cara kita belajar, apakah sudah sesuai dengan diri kita?  Apakah anda sering belajar hingga larut malam dan mengurangi waktu tidur anda?

Belajarlah sesuai dengan gaya belajar anda, sesuai dengan diri anda sendiri yang membuat anda merasa nyaman dalam melakukannya. Belajarnya dengan rileks dan senang hati.  Memaksakan diri sehingga anda kelelahan juga berakibat kurang baik.

Lalu bagaimana hipnotis bisa membantu ?

otak pintar

Secara singkat dapat saya jelaskan hal-hal apa yang dapat kita lakukan dengan menggunakan hipnotis untuk meningkatkan kemampuan kita dalam menyerap pelajaran, diantaranya :

  • Hipnotis akan melatih diri kita untuk lebih mampu menjadi rileks dan tenang.  Ini akan menghilangkan ketegangan yang mempengaruhi kemampuan kita dalam menyerap pelajaran.
  • Hipnotis juga melatih kita untuk bisa lebih fokus.
  • Hipnotis dapat digunakan untuk meredakan stress.
  • Dengan menggunakan hipnotis kita akan meningkatkan kembali motivasi dan semangat kita.
  • Dengan hipnotis kita akan menyelesaikan masalah-masalah psikologis yang ada dalam diri kita, yang secara langsung atau tidak membuat kita kehilangan semangat, gairah dan kemampuan dalam belajar.
  • Dengan hipnotis kita akan meningkatkan kepercayaan diri kita.
  • Dengan hipnotis kita akan menghapus sugesti-sugesti, selftalk negatif dan mental block yang tertanam dalam diri kita (baik yang kita sadari atau tidak) dan menggantikannya dengan program-program positif yang lebih memberdayakan.  Misalnya  yang mengatakan bahwa kita tidak memiliki kemampuan untuk menyerap pelajaran, atau kemampuan kita mentok sampai di situ saja, dan sebagainya yang menjadi  mental block yang menghalangi kita untuk mencapai kemajuan.

Jadi, bisakah hipnotis membuat saya lebih pintar?  Baca juga: Stress Management for Students

Buktikan saja!