Jangan Tergoda Trik Kesaktian

Kesaktian seakan menjadi daya tarik sendiri bagi sebagian orang. Banyak yang percaya bahwa kesaktian–kemampuan yang diluar batas kemampuan manusia pada umumnya: misalnya kebal, mengobati hanya dengan mantera, mampu berkomunikasi dengan makhluk ghaib, dsb–itu memang dimiliki oleh beberapa orang. Banyak orang mendatangi mereka yang dianggap memiliki kesaktian tertentu dengan maksud mendapatkan kebaikan atau meminta pertolongan. Benarkan kesaktian seperti itu memang ada ?

flyingman

Teringat cerita salah seorang teman yang katanya pernah mendatangi orang pintar untuk mengatasi persoalan yang tengah dihadapinya. Orang pintar tersebut mengatakan ada gangguan energi negatif yang dikirimkan oleh seseorang (tidak dijelaskan siapanya). Dan untuk meyakinkan teman saya, orang pintar tersebut kemudian seperti merapalkan mantera-mantera, lalu menyentuh tubuh sang teman. Seketika teman saya kaget sekali karena dia merasakan tubuhnya seperti dialiri aliran listrik yang cukup kuat. Si orang pintar mengatakan bahwa itu terjadi karena ada benturan energi antar dirinya dan si pengirim. Teman saya yang tidak mengerti itupun merasa takjub dan percaya pada kehebatan si orang pintar.

 

Kita pernah mendengar ada orang pintar yang diundang ke rumah seseorang, karena katanya di rumahnya telah dikelilingi oleh energi negatif. Hal yang menjadikan mengapa teman dia seringkali mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan, entah sakit, perasaan gelisah, mimpi buruk, pertengkaran dalam keluarga, hingga usaha yang dijalaninya sulit sekali untuk berkembang. Dan sekali lagi si orang pintar memamerkan kesaktiannya dengan menangkap energi negatif tersebut lalu memindahkannya ke dalam botol bekas air mineral tertutup yang telah dimanterai. Sungguh hebat karena beberapa saat kemudian di dalam botol itu dipenuhi asap putih,… dan lebih hebat lagi karena kemudian tutup botol tersebut terpental bersamaan dengan suara ledakan dari dalam botol. Katanya, energi negatif telah berhasil dinetralkan dan dikembalikan kepada pengirimnya.

Atau cerita-cerita yang seringkali diberitakan tentang bagaimana seorang ahli supranatural berhasil mengeluarkan benda-benda tajam seperti silet, paku atau jarum dari tubuh seseorang yang dikatakan terkena santet. Benda-benda tersebut diambil dengan menggunakan telur ayam yang telah diberi rajah atau mantera, lalu benda-benda tersebut berpindah ke dalam telur ayam itu. Atau bermacam cerita lain yang menggambarkan kesaktian seorang dukun atau paranormal.

Bagaimana si orang pintar itu bisa begitu hebat dan sakti?

Atau benarkah memang dia sakti?

Semua Hanya Trik

Jangan buru-buru percaya dan menganggap dia adalah orang berilmu tinggi dan sakti. Karena itu hanyalah trik-trik tipuan yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan kesaktian.

Benarkah?

Banyak upaya dilakukan oleh mereka yang ingin mengambil hati anda dengan memanfaatkan kepandaian dalam memainkan trik-trik tertentu yang mengesankan bahwa mereka memiliki ilmu yang tinggi atau sakti.  Semua trik tersebut memang sengaja telah dipersiapkan untuk menampilkan kesan wow sehingga anda akan lebih mudah untuk menerima sugesti-sugesti yang diberikan.

Apakah itu salah?

Banyak yang memanfaatkan trik-trik semacam itu untuk mengambil keuntungan pribadi, terutama keuntungan secara materi. Misalnya karena anda menganggapnya sebagai orang sakti, maka anda akan menuruti semua syarat yang diberikan termasuk menyerahkan sejumlah uang. Anda tentunya berharap bahwa anda akan bisa lepas dari masalah yang anda hadapi, atau memperoleh keuntungan lain misalnya kekayaan, kedudukan, kharisma, kecantikan, dan sebagainya.

Tidak sedikit orang-orang yang menggunakan trik-trik tipuan seperti itu justeru malah terkenal di masyarakat yang memang tidak mengerti. Bahkan beberapa malah sering tampil di acara-acara televisi yang dengan bangga menyandang julukan sebagai paranormal, ahli spiritual, atau semacamnya.

busertu

Tetapi tidak selalu trik-trik itu digunakan untuk kepentingan pribadi pemakainya, sebab kadang itu juga digunakan untuk tujuan positif memenuhi belief klien yang mengalami gangguan psikosomatik. Itu digunakan sebagai metaphora agar klien menangkap bahwa gangguan yang dialaminya telah dibuang dari dalam dirinya. Banyak klien yang dengan trik semacam itu bisa disembuhkan dari gangguan penyakitnya. Tetapi penggunaan trik seperti itu yang tanpa disertai dengan pemahaman tentang gangguan psikosomatik juga bisa berbahaya, terutama bila orang menganggap berbagai penyakit bisa disembuhkan dengan metode seperti itu.

Kita tentu masih ingat dengan salah seorang artis yang sangat terkenal yang mengalami pembengkakan di salah satu bagian tubuhnya, yang karena takut pergi ke dokter, lalu ditangani oleh seorang paranormal dan diangkat penyakitnya dengan menggunakan telur. Telur tersebut dipecahkan dan mengeluarkan darah yang katanya berasal dari penyakit yang dideritanya. Si artis yang merasa penyakitnya telah terangkat memang terlihat lebih sehat dari sebelumnya (efek psikologis). Tetapi sebenarnya ada semacam kanker dalam diri si artis, yang karena dibiarkan terus berkembang, maka kemudian hari ketika penyakitnya sudah memasuki tingkatan yang sangat parah barulah si artis menyadari apa yang sesungguhnya terjadi. Penanganannya kemudian menjadi sangat sulit dan si artispun akhirnya meninggal dunia.

Ini tentunya menjadi pelajaran yang sangat berharga. Andai di awal si artis memeriksakan diri ke dokter tentang gejala yang dialaminya dan ditangani dengan metode yang tepat, mungkin kankernya bisa dideteksi lebih dini dan ceritanya bisa saja berbeda. Memang semua itu sudah takdirnya, tetapi pengalaman itu menjadikan kita untuk lebih berhati-hati.

Tidak ada metode pengobatan yang bisa diterapkan pada segala jenis penyakit. Masing-masing memiliki penanganan yang khusus.

Orang yang memiliki kelebihan khusus di bidang tertentu banyak. Kita kagum pada kehebatan mereka. Kita bisa menyebut mereka sakti. Tetapi kesaktian yang seperti selama ini ada dalam anggapan kita, orang bisa berjalan di atas air, bisa terbang, bisa mengangkat penyakit dengan media telur, mengeluarkan paku-jarum-silet dari dalam tubuh, menangkap makhluk halus dan mengurungnya dalam botol,…..itu semua hanyalah trik dengan menggunakan alat dan bahan tertentu.

Apakah orang sakti seperti itu memang ada? Saya tidak yakin mengenai hal itu. Entah dengan anda.