gagal move on

Banyak orang yang memiliki masalah dengan masa lalu yang menjadi beban pikirannya hingga saat ini. Beberapa bahkan mengaku telah melakukan berbagai upaya untuk melepaskan diri dari beban masa lalunya itu tetapi nyatanya masih saja belum mampu. Banyak yang akhirnya menjadi “frustrasi” dan mencoba mengalihkan masalahnya kepada hal lain, yang sayangnya kadang kepada hal-hal yang negatif (misalnya alkohol atau obat-obatan atau kegiatan-kegiatan lain) yang justeru akhirnya malah menimbulkan masalah baru pada dirinya.

Dalam kondisi demikian, beberapa orang datang dan mengeluhkan masalahnya. Dan ketika saya bertanya apa yang diinginkan, rata-rata jawabannya adalah ingin melupakan masa lalu atau menghapus ingatannya tentang masa lalu yang menjadi hantu baginya itu. Seperti syair lagunya Geisha, “lumpuhkanlah ingatanku”.

Pada orang-orang yang “gagal move-on”, seringkali keinginan yang timbul adalah memang melupakan kenangan, menghapus atau melumpuhkan ingatannya tentang kenangan masa lalu. Bahkan nasehat-nasehat yang sering kita dengar kepada mereka-mereka yang gagal move on adalah “lupakanlah!”.

Untuk apa melupakan, menghapus atau melumpuhkan ingatan masa lalu itu? Jawabannya adalah agar dirinya tidak lagi merasakan perasaan sakit atau tersiksa setiap kali mengingat atau munculnya kenangann itu.

Dapatkah kita menghapus suatu kenangan masa lalu? Benarkah bahwa semakin kita berusaha untuk melupakan justeru kita semakin mengingatnya?

Nah, … disinilah letak masalahnya: kita tidak bisa menghapus ingatan masa lalu, atau kalaupun bisa, beban rasa yang ditimbulkannya akan tetap ada dan mungkin saja akan menjelma dalam bentuk yang lain.

Pada beberapa kasus masalah pikiran/mental pada klien yang pernah ditangani adalah berkaitan dengan pengalaman masa lalu, yang si klien sendiri (dalam kondisi kesadaran penuh) tidak bisa mengingatnya lagi. Tetapi kesan atau rasa yang melekat pada kenangan itu tetap muncul dalam bentuk respon tertentu pada dirinya ketika dia mengalami situasi atau peristiwa yang menyerupai situasi atau peristiwa masa lalunya. Seringkali klien tidak bisa menjawab atau mengingat lagi peristiwa atau situasi apa yang pernah ditemui yang membuatnya menjadi seperti itu.

Sebagai contoh adalah yang terjadi pada seorang klien yang emosinya gampang sekali tersulut ketika melihat suatu perbuatan atau keadaan yang menurutnya tidak adil atau tidak pantas. Akan muncul perasaan marah dalam dirinya yang tidak mampu dia bendung dan membuatnya mengalami tekanan emosional yang kuat. Respon rasa marah yang muncul dalam dirinya itu (saat proses hipnoterapi) ternyata terkait dengan pengalaman masa lalunya (masa kecilnya) dimana dia sering merasa diperlakukan tidak adil oleh orangtua dan lingkungannya. Padahal itu sudah puluhan tahun berlalu dan dia sendiri sudah tidak pernah mengingatnya lagi.

Oke…..kembali ke gagal move on. Lantas bagaimana, apa yang mesti dilakukan?

Sesuai dengan tujuan orang yang ingin menghapus kenangan masa lalu yaitu agar terhindar dari berbagai perasaan negatif (marah, sedih, …) setiap kali mengingat atau setiap kali ingatan itu muncul kembali, maka itulah yang akan kita lakukan. Hanya saja, tugas kita bukanlah menghapus ingatan atau kenangannya, tetapi membuat diri kita merasa netral (bebas dari perasaan negatif) bila mengingat atau ingatan masa lalu muncul kembali. Kita bisa mengingat kenangan itu kapanpun kita mau, tetapi perasaan kita tidak terganggu atau kita merasa “biasa saja” : tanpa rasa sakit, tanpa tekanan perasaan negatif.

Masa lalu adalah bagian dari sejarah kita, bagian dari perjalanan hidup kita. Baik atau buruk, menyenangkan atau menyakitkan, bahagia atau menyedihkan, semua adalah bagian dari diri kita. Kita tidak bisa menghapusnya. Dia sudah melekat di dalam diri kita. Tetapi kita bisa banyak belajar dari masa lalu kita. Kita bisa menjadikan masa lalu sebagai pelajaran untuk semakin menguatkan dan mendewasakan diri kita. Kalaupun ada peristiwa masa lalu yang begitu menyakitkan, begitu mengecewakan, menyedihkan, begitu buram, …. apapun itu, kita masih bisa tetap mengingatnya dan menjadikannya guru bagi kita. Jika kita tersiksa karena mengingatnya, maka yang perlu kita hapus atau kita benahi adalah siksaannya, bukan ingatannya.

Belajarlah untuk menyadari bahwa itu semua telah berlalu, bahwa itu semua adalah bagian dari proses perjalanan hidup kita yang mungkin memang sudah digariskan olehNya. Bahwa itu semua pernah menyakitkan, tetapi sekarang semua sudah berlalu. Lalu mengapa kita masih membawa rasa sakitnya? Ubah persepsi anda tentang kenangan masa lalu, lalu jalani sisa hari anda dengan baik. Mungkin bagi beberapa orang hal itu membutuhkan proses yang memakan waktu lama, atau beberapa bahkan seperti terperangkap di dalamnya.

Jika anda masih kesulitan dan ingin segera bisa terbebas dari siksaan atau tekanan perasaan negatif karena kenangan masa lalu, maka anda mungkin membutuhkan bantuan hipnoterapi.

Melalui hipnoterapi anda akan lebih mampu membebaskan diri. Dalam proses hipnoterapi anda akan mampu langsung memasuki pikiran bawah sadar anda dan menghapus program-program yang mengganggu serta menggantinya dengan program baru yang lebih bermanfaat dan produktif, sehingga anda akan menjadi pribadi yang lebih kuat dan mampu menjadikan masa lalu anda sebagai sebuah pelajaran berharga dan mendewasakan diri anda.

Untuk informasi lebih lanjut :

  • Call / SMS : 0822-9957-4948
  • Line / Whatsapp : 0812-4945-5398
  • Blackberry Messenger (BBM) : 76456D88
  • E-mail : mohtoha70@yahoo.com