Proses Hipnoterapi

Hipnoterapi adalah suatu proses terapi menggunakan hipnotis.

Apa yang akan dilakukan seorang hipnoterapis kepada anda dalam sebuah proses hipnoterapi?

  • Hipnotis training.  Dalam sessi ini anda akan dijelaskan tentang bagaimana sebuah proses hipnotis dilakukan. Anda juga akan dipandu  untuk dapat memasuki kondisi-kondisi relaksasi atau trance.  Anda akan dibimbing tahap demi tahap memasuki kondisi relaksasi yang dibutuhkan dalam proses terapi. Sekali lagi, kepercayaan dan kerjasama anda sangat menentukan keberhasilan proses terapi yang anda jalani. Jika anda merasakan ada ketidak nyamanan atau hal-hal tertentu lainnya yang mengganggu anda, katakan secara terbuka kepada terapis, agar sang terapis dapat menyesuaikan atau melakukan langkah-langkah untuk memperbaikinya.
  • Menggali akar masalah. Anda akan dibimbing untuk memasuki kondisi hipnosis, dimana sang terapis nantinya akan berusaha menggali akar persoalan yang anda hadapi. Anda tahu bahwa apa yang muncul di permukaan tidak selalu sama dengan apa yang ada di bawahnya. Tentu saja untuk dapat mengangkat masalah dalam diri anda maka harus diketahui dulu akarnya.
  • Penyelesaian masalah. Setelah ditemukannya akar masalah atau yang diduga kuat menjadi akar dari masalah anda, maka sang terapis akan membantu anda menyelesaikan masalah tersebut dari akarnya. Ini dapat dilakukan dengan teknik-teknik tertentu yang seuai dengan akar masalahnya.
  • Evaluasi. Apakah masalah yang anda alami telah terselesaikan, apakah ada perbaikan atau kemajuan-kemajuan, apakah anda merasa masalah anda masih tersisa atau justeru tidak ada perbaikan sama sekali? Sampaikan semua informasi kepada terapis anda. Jika memang dirasakan masih ada yang perlu diperbaiki atau dibutuhkan penanganan tambahan, semua itu akan ditentukan berdasarkan hasil evaluasi.
  • Penguatan. Jika dari sessi-sessi yang telah anda jalani ternyata mampu menyelesaikan semua masalah anda, maka yang perlu anda jalani selanjutnya adalah sessi penguatan (amplifying). Dengan dilakukannya amplifying ini maka diharapkan hasil yang telah anda capai dapat menjadi lebih permanen.

Apakah semua sessi tersebut dilakukan sekaligus atau satu-persatu?

Anda harus melakukannya secara bertahap. Artinya, bisa saja satu atau dua sessi dilakukan sekaligus, tetapi anda sangat disarankan dan biasanya terapis tidak melakukan seluruh proses sekaligus. Alasannya, pertama karena setiap orang memiliki tingkat kemampuan memasuki kondisi hipnosis yang berbeda. Kedua, terapis perlu terlebih dahulu melakukan analisa-analisa terhadap masalah anda dan menentukan teknik apa yang dapat digunakan. Dan ketiga, tentunya hasil yang dicapai perlu diuji terlebih dahulu untuk beberapa waktu sebelum dapat dikatakan berhasil, serta perlu adanya penguatan akan hasil yang telah dicapai.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kirimkan:

  • email anda ke : mohtoha70@yahoo.com
  • Whatsapp : 0822-9957-4948