(Masih Ada) Gagal Faham Hipnotis

Pemaparan, penjabaran, penjelasan secara detail tentang apa itu hipnotis ternyata belum sepenuhnya bisa dipahami oleh beberapa kalangan. Entah karena masih banyak orang yang belum menerima pemaparan tersebut ataukah karena memang gambaran negatif tentang hipnotis yang telah begitu kuat tertanam dalam diri sebagian orang (kelompok), yang pasti masih ada gagal faham tentang hipnotis. Bahkan mereka yang mengaku pernah mengikuti pelatihan hipnotis pun masih ada yang gagal faham dan menyatakan bahwa hipnotis tidak seutuhnya terbebas dari unsur-unsur yang haram bagi mereka. Ini bisa kita baca dalam berbagai tulisan yang membahas tentang hipnotis dari kalangan tertentu, yang mengkaitkan hipnotis dengan sihir, perampasan kesadaran orang lain, tidak cocok dengan kalangan tertentu, dan beberapa gagal faham lainnya.

Apa saja Gagal Faham tentang hipnotis yang masih saja digembar-gemborkan oleh mereka ?

Hipnotis Adalah Sihir

Sepertinya gagal faham ini yang paling banyak dipropagandakan oleh mereka yang menentang hipnotis. Betapapun telah dipaparkan bahwa sama sekali tidak ada unsur mistik, sihir, dan penggunaan makhluk halus dalam hipnotis, mereka seakan tidak mau menerima dan tetap menggaungkan hipnotis sebagai sihir.

Kita mungkin heran mengapa mereka begitu gigih mengatakan bahwa hipnotis adalah sihir. Entah apa yang ada dalam benak mereka sehingga mereka begitu gigih menyatakan itu. Yang pasti mereka telah gagal faham tentang hipnotis.

Hipnotis Menguasai Orang Lain

Selain hipnotis adalah sihir, mereka juga mengatakan bahwa hipnotis itu merampas kesadaran orang lain dan menguasainya. Ini mungkin masih berhubungan satu sama lain. Karena hipnotis menggunakan sihir, maka sihir itu menyebabkan kesadaran orang lain terampas dan terkuasai. Lalu dengan seenaknya sang penghipnotis memerintahkan ini-itu, meskipun orang yang terhipnotis tidak menghendakinya. Ini juga salah satu gagal faham mereka tentang hipnotis.

Hipnotis Tidak Cocok Untuk Kalangan Tertentu

Karena mereka menganggap bahwa hipnotis adalah sihir dan merampas kesadaran orang lain, maka ketika mereka diperkenalkan pada hipnotis dan diajak untuk merasakan fenomena hipnotis, mereka menolak untuk melakukannya. Mereka seakan-akan mengikuti instruksi yang diberikan, tetapi pada dasarnya mereka menolak untuk mengikutinya. Lalu ketika mereka tidak bisa diajak ke dalam kondisi hipnosis, mereka kemudian menyatakan bahwa mereka tidak bisa terhipnotis. Mereka bahkan menyatakan bahwa hipnotis tidak cocok untuk kalangan mereka.

Beberapa orang yang katanya pernah mengikuti pelatihan, dan gagal dalam mempraktekkan hipnotis kepada subjek-subjek mereka, lantas mereka mengatakan bahwa hipnotis tidak cocok dan tidak efektif. Bahkan (kembali lagi) mengatakan bahwa subjek-subjek mereka adalah orang-orang yang kebal hipnotis karena berasal dari kalangan tertentu. Entah sampai dimana materi yang mereka dapatkan dalam pelatihan yang katanya mereka ikuti itu. Yang pasti mereka masih sangat awam dan gagal faham. Mereka seharusnya mempelajari lebih dalam lagi sebelum menyerah pada gagal faham mereka.

Hipnotis Adalah Bagian Dari Konspirasi

Ini adalah pernyataan paling menggelikan yang pernah saya dengar bahwa hipnotis adalah bagian dari konspirasi jahat untuk menggiring orang kepada pengingkaran terhadap nilai-nilai ketuhanan, yang ditunggangi oleh kalangan anti agama dan anti tuhan.

Kita mengakui bahwa hipnotis tidak mengajarkan konsep-konsep ketuhanan. Ini karena hipnotis bukanlah ilmu yang membahas tentang nilai-nilai ketuhanan, apalagi agama tertentu. Sama dengan pembelajaran atau keilmuan lainnya seperti biologi, fisika, kimia dan lainnya diluar ilmu agama. Jadi ketika hipnotis tidak membicarakan nilai-nilai spiritual yang menyangkut tentang tuhan, tentu itu adalah sesuatu yang wajar. Tetapi itu bukan berarti bahwa hipnotis mengajarkan ketiadaan tuhan, pengingkaran nilai-nilai ketuhanan, ataupun pergi menjauh dari agama yang dianut oleh sang penghipnotis. Hipnotis bisa dipelajari oleh siapapun, termasuk orang-orang atheis, komunis, atau siapapun juga.

Jika di dunia ini muncul aliran atau ajaran tertentu yang tidak mengakui agama, tidak mengakui tuhan; dan kemudian mereka tertarik, mempelajari atau mengembangkan keilmuan hipnotis, itu karena mereka menemukan manfaat luar biasa dalam keilmuan hipnotis. Namun itu tidak lantas menjadikan kita mengatakan bahwa hipnotis adalah ilmu yang sengaja diciptakan untuk menyebarluaskan faham mereka. Apalagi mengatakan bahwa itu adalah konspirasi jahat untuk mengkafirkan atau memurtadkan. Mungkin mereka terlalu larut dalam teori-teori konspirasi sehingga apapun yang tidak mereka sukai akan dikatakan sebagai konspirasi menentang mereka.

Itulah sebagian dari gagal-gagal faham yang masih saja ada dan dipelihara oleh kalangan tertentu, dan sepertinya mereka sangat nyaman dengan gagal fahamnya itu.

Agar anda tidak sampai mengalami gagal faham seperti itu, silakan anda klik dan baca tulisan-tulisan di sini,  diantaranya :

Pandangan Keliru Seputar Hipnotis

Mitos Seputar Hipnotis

Dunia Hipnotis Itu Dunia Mistik?

Jangan Belajar Hipnotis Sebelum Membaca Ini

Serta artikel lainnya yang berhubungan dengan hipnotis dan hipnoterapi.