melahirkan dengan nyaman

Melahirkan secara normal adalah proses melahirkan yang terbaik bagi ibu dan jabang bayi.  Namun proses melahirkan secara normal seringkali menimbulkan ketakutan dan kekhawatiran karena sang ibu harus menanggung deraan rasa sakit selama proses melahirkan. Meskipun sebenarnya rasa sakit itu adalah sesuatu yang alamiah dan kita butuhkan, tetapi dalam kadar tertentu itu bisa menjadi suatu siksaan bagi kita.

Saat wanita membayangkan proses melahirkan yang harus dilalui, banyak yang kemudian memunculkan bayangan-bayangan rasa sakit di dalam pikirannya.  Hal itu tentunya menimbulkan perasaan takut dan khawatir.  Bahkan mendengar kata “melahirkan” saja telah secara otomatis memunculkan ketakutan dan kekhawatiran.  Itu merupakan sesuatu yang tertanam di pikiran bawah sadar.  Apalagi bila seringnya mendengar cerita-cerita tentang bagaimana rasanya sakit yang harus diderita selama proses melahirkan, dan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi selama atau setelah proses itu, perasaan takut dan khawatir mungkin akan lebih besar lagi.

Tanpa disadari, terkadang apa-apa yang dilakukan dalam rangka menjalani masa kehamilan dan persiapan untuk proses melahirkan justeru malah membuat ketakutan-ketakutan itu malah membesar.  Banyak pasangan yang secara rutin mendatangi rumah sakit atau klinik kandungan (bidan) dan mengikuti prosedur-prosedur yang disarankan, tanpa disadari, justeru malah semakin meningkatkan kadar ketakutan dan kekhawatiran tersebut.  Bayangkan banyaknya prosedur atau tindakan yang harus dijalani selama kehamilan dan menuju proses melahirkan oleh wanita hamil : misalnya pemeriksaan rutin, pemeriksaan cervix (mulut rahim), makanan-makanan yang harus dipantang, pemberian induksi, dan prosedur=prosedur lainnya.

Ketakutan dan kekhawatiran akan sakitnya proses persalinan perlu untuk diredam. Rasa sakit justeru akan semakin kuat bila diiringi dengan ketakutan. Tetapi menghilangkan ketakutan dan keresahan itu bukanlah sesuatu yang dengan begitu saja bisa dilakukan, terutama bila itu menyangkut sesuatu yang sudah tertanam di pikiran bawah sadar.

Melalui hipnoterapi anda akan dibimbing untuk lebih mampu mengendalikan stress dan ketakutan anda, menanamkan program-program positif ke dalam pikiran bawah sadar anda sehingga anda akan lebih mampu menjalani proses melahirkan dengan lebih nyaman serta terbebas dari siksaan rasa sakit.  Metode hipnoterapi yang digunakan untuk mempersiapkan calon ibu agar dapat melahirkan secara normal dengan lebih nyaman dan minim rasa sakit inilah yang dikenal dengan istilah hypnobirthing.

Memang sebaiknya hypnobirthing dilakukan sejak masa-masa awal kehamilan agar hasil yang didapat juga semakin baik.  Tetapi tidak ada istilah terlambat untuk melakukan itu.

Metode hypnobirthing ini memandang bahwa proses melahirkan itu adalah keserasian antara tubuh bayi dan sang ibu yang telah diciptakan untuk bekerja bersama-sama melakukannya.  Melalui latihan-latihan pernafasan dalam dan visualisasi, sang ibu dapat melatih pikiran untuk memunculkan rileksasi yang dalam saat dibutuhkan.  Inilah yang sangat dibutuhkan saat proses melahirkan dijalani, sehingga bisa dilalui dengan lebih tenang, lebih nyaman, dan minim rasa sakit.  Bahkan, hypnobirthing juga memberikan pengaruh yang positif bagi ibu dan bayi setelah proses melahirkan.