Musibah Karena Bacaan : Hati-hati Membaca

Membaca merupakan salah satu cara untuk memperoleh informasi dan menambah pengetahuan.  Dengan gemar membaca, kita bisa mendapatkan berbagai informasi berharga yang mungkin sangat bermanfaat, serta dapat menambah pengetahuan kita mengenai berbagai hal.

Salah satu sumber bacaan yang dapat memberikan berbagai informasi serta pengetahuan adalah berbagai situs internet dan media sosial.  Saat ini, apapun bacaan yang ingin kita baca, apapun informasi yang kita butuhkan, hampir semua tersedia di internet ataupun jejaring sosial.  Kemajuan teknologi informasi telah memberikan banyak sekali kemudahan bagi kita yang membutuhkan informasi dan bahan bacaan. Tentu ini merupakan hal yang sangat menguntungkan bagi kita.

Tetapi kemudahan-kemudahan tersebut ternyata juga bisa membawa dampak buruk bagi kita.  Sebab tanpa kita sadari, apa yang kita baca bisa saja membawa musibah bagi diri kita.  Karenanya berhati-hatilah dalam membaca, terutama yang tersedia dalam situs-situs internet serta jejaring sosial.

Musibah yang saya maksudkan di sini adalah keburukan yang bisa saja menimpa kita akibat informasi-informasi yang keliru, yang kemudian kita anggap benar, dan mempengaruhi pola pikir serta sikap dan tindakan kita, yang pada akhirnya justeru membuat kita bisa saja mengalami hal-hal buruk atau tidak menyenangkan.

Misalnya saja informasi tentang kesehatan dari situs-situs tertentu yang menyampaikan tentang gejala-gejala terkait dengan penyakit  serta obat apa yang bisa kita konsumsi.  Bila kita menerima begitu saja semua informasi yang disampaikan di sana, bisa saja kita menemukan beberapa gejala yang mirip dengan apa yang kita alami, lalu menyimpulkan bahwa kita mengidap penyakit tertentu dan lantas mengkonsumi obat-obatan yang disarankan atau dijual bebas tanpa berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan.  Bisa saja kita mengkonsumsi obat yang sebenarnya tidak perlu atau justeru malah berdampak kurang baik bagi diri kita.

Beberapa orang yang berkonsultasi dengan saya mengatakan bahwa dirinya mengalami gangguan kecemasan yang cukup parah,  sehingga membuat hidupnya kini tak lagi normal seperti sebelumnya, sejak dia membaca di salah satu situs internet dan broadcast di jejaring sosial.  Di situ dijabarkan tentang tanda-tanda seseorang akan mengalami ini-itu, tentang tanda-tanda yang mengisyaratkan hal-hal buruk di waktu yang akan datang.  Dia mengatakan bahwa apa yang dijabarkan di situs dan jejaring sosial itu memiliki kesamaan dengan apa yang ada pada dirinya.  Dan itu membuatnya takut, cemas serta gelisah.  Ketakutan, kecemasan dan kegelisahan yang kian hari kian terasa membesar yang membuatnya kini diliputi perasaan tak tenang.  Semua aktivitasnya terganggu karena kecemasannya itu.  Hidupnya kini sudah tidak lagi “normal” seperti sebelumnya.

Celakanya adalah, meskipun kemudian dia tau bahwa informasi yang dia baca di internet dan jejaring sosial itu ternyata tidak benar, kecemasan yang dialami sudah terlanjur menempel pada dirinya.  Kecemasan itu tidak hilang, sekalipun kemudian dia kemudian tau bahwa informasi tersebut salah dan dirinya baik-baik saja.  Mengapa itu bisa berlaku?  Inilah yang sering terjadi pada orang-orang yang mengalami gangguan kecemasan.

Maka berhati-hatilah menerima informasi dan membaca.  Kita perlu menekankan bahwa :

  • Tidak semua informasi yang kita terima adalah benar adanya.  Baik dari situs-situs di internet maupun jejaring sosial.  Selalu lakukan cross-cek dan ricek dari sumber-sumber resmi yang terkait dan terpercaya untuk memastikan kebenarannya.
  • Tidak semua bacaan layak untuk kita baca.  Pilihlah bacaan yang memberdayakan, membangkitkan harapan, menumbuhkan keyakinan pada diri sendiri.  Hindari bacaan yang berisi hal-hal yang sebenarnya tidak bermanfaat bagi kita, misalnya ramalan dan sejenisnya yang kebenarannya diragukan.
  • Tidak semua informasi perlu untuk kita ketahui.  Banyak hal yang kalau kita tidak tau justeru malah membuat hidup kita baik-baik saja.
  • Minati hanya hal-hal yang memberdayakan dan membuat kita selalu bersemangat dan bahagia dalam menjalani kehidupan ini.  Jika kita melihat tampilan atau menerima broadcast tentang sesuatu yang diluar itu (bisa kita lihat dari judul atau temanya), segera beralih atau tinggalkan.  Hapus kiriman dari broadcast yang tidak berguna itu seketika tanpa perlu melihat dulu isinya.

Bagaimana jika sudah terlanjur mengalami musibah lantaran salah bacaan seperti yang disebutkan tadi?

Jika anda cukup mampu menyelesaikan sendiri, maka lakukanlah sendiri sekalipun anda bisa melakukannya langkah demi langkah.  Jika tidak, maka segeralah mencari bantuan kepada orang-orang yang berkompeten di bidangnya untuk membantu menyelesaikan masalah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *