Program : Stress Management For Student (SMS)

Stress bukan hanya dialami oleh orang-orang dewasa saja, karena nyatanya stress juga telah menghantui kehidupan dari berbagai lapisan usia termasuk anak-anak dan remaja usia sekolah (siswa). Banyak faktor yang menjadi sumber stress yang dialami siswa. Siswa seringkali mendapatkan penekanan bahwa salah satu kunci kesuksesan adalah dengan bekerja keras, sehingga mereka cenderung untuk menghabiskan waktunya untuk belajar dan mengorbankan waktu bermain (kesenangan) agar usaha mereka membuahkan hasil yang baik.

Para siswa juga mendapatkan sumber stress dari teman-temannya, iklim persaingan yang ada diantara mereka, orangtua atau keluarga, bahkan dari para guru dan sekolah tempat mereka belajar. Para siswa menghadapi sumber-sumber stress sehari-hari, dimana ketika stress dari berbagai sumber yang diterimanya itu berakumulasi maka dampak yang diakibatkannya bisa sangat beragam, mulai dari kesehatan, kehidupan sosial dan persoalan lainnya.

Stress yang dialami siswa dalam usia remaja mereka dapat menimbulkan dampak yang serius, bukan hanya terhadap prestasi mereka dalam pendidikan tetapi menjangkau seluruh aspek kehidupannya. Stress dapat menjadi penyebab tidak langsung dari masalah makan, depressi, perubahan-perubahan perilaku, masalah sosial dan emosional, dan bahkan sesuatu yang sangat serius seperti bunuh diri.

Stress berdampak buruk bagi kesehatan. Peningkatan hormon stress dalam tubuh akan membuat detak jantung menjadi lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah. Jika hal itu terus berlanjut, maka seseorang yang didera stress dapat mengalami penyakit-penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah, misalnya tekanan darah tinggi dan bahkan stroke.

Secara umum, dampak stress yang dapat terjadi pada seseorang (termasuk siswa) adalah :

  • Menurunnya daya ingat dan konsenterasi
  • Kecemasan
  • Sensitif dan mudah marah
  • Perasaan penat dan sulit untuk rileks
  • Depressi
  • Rasa nyeri dan tegang pada otot
  • Sakit kepala, pusing, jantung berdebar
  • Gampang terserang penyakit
  • Kurang makan atau makan berlebih
  • Gangguan tidur
  • Malas, mengabaikan tanggungjawab
  • Penyalahgunaan zat dan alkohol
  • Dll

Hal lain yang dapat terjadi pada siswa yang didera stress adalah para siswa akan mengalami penurunan motivasi sebagai akibat dari beratnya tekanan stress pada diri mereka. Para siswa akan cenderung menjadi malas dan kehilangan minat belajar. Lebih buruk lagi adalah ketika stress yang mereka alami tidak tertangani dengan baik dan akhirnya mereka mencari cara untuk melepaskan diri dengan menempuh cara-cara yang negatif dan justeru merugikan diri mereka sendiri, misalnya terlibat dalam penyalahgunaan obat terlarang atau kenakalan remaja lainnya.

Para siswa perlu diberikan pemahaman yang baik tentang stress dan bagaimana menghadapi stress serta mengelolanya (Stress Management), karena stress bukanlah sesuatu yang bisa diobati, disembukan, seperti halnya penyakit yang lain. Stress merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan. Karena itu langkah yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan dan mengelola stress secara sehat dan produktif melalui program stress management.

Salah satu program yang kami kembangkan untuk pengelolaan stress yang efektif bagi para pelajar/siswa adalah penggabungan antara stress management dengan hypnosis, yang kami namakan Stress Management for Students (SMS).

Para siswa akan diberikan pemahaman tentang apa itu stress, fungsi dan masalah-masalah akibat stress, bagaimana mengelola stress menjadi sesuatu yang positif dan bermanfaat bagi pencapaian kesuksesan, perubahan dan penguatan diri. Siswa juga akan diberikan tools hypnosis sebagai alat yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan pengendalian pikiran, agar lebih mampu mengelola stress dan menanamkan affirmasi ke dalam diri sendiri.

Program ini cocok untuk diikuti oleh individu ataupun sekolah dan lembaga-lembaga pendidikan, mulai dari sekolah setingkat SMP dan SMA hingga perguruan tinggi. Keberhasilan para siswa dalam mengelola stress yang mendera mereka bukan hanya berdampak positif bagi pribadi-pribadi siswa, tetapi juga terhadap keberhasilan program pendidikan di sekolah/lembaga pendidikan tempat para siswa bernaung.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kami :

  • Call / SMS : 0822-9957-4948
  • Line / Whatsapp : 0812-4945-5398
  • Blackberry Messenger (BBM) : 76456D88
  • E-mail : mohtoha70@yahoo.com

HOME